Muvizu - Tutorial Bab 2 mengedit lingkungan / Editing the Environment






Mengedit lingkungan memungkinkan Anda untuk mengontrol
Langit, tanah, dan pencahayaan dari adegan.

Mulai dengan adegan kosong; Pilih thumbnail abu-abu, untuk adegan (kosong), dari jendela adegan baru dan klik OK.


Adegan kosong yang akan dibuat. Ini adalah adegan kosong bagi Anda untuk menyesuaikan. Satu-satunya barang dalam adegan adalah kamera virtual satu. Pemandangan dari kamera ini akan ditampilkan di jendela pandangan kamera


Untuk mulai mengedit lingkungan pilih "Edit lingkungan" dari Edit menu atau klik kanan di mana saja pada latar belakang abu-abu, lalu pilih Edit lingkungan.



Jendela properties lingkungan akan ditampilkan. Jendela dibagi menjadi enam kategori. Setiap kategori dapat diperluas dan pingsan dengan meng-klik segitiga kecil di sebelah kiri dari nama kategori.



Kategori pertama adalah cahaya Ambient.
Dalam 3D grafis cahaya ambient mengacu sumber cahaya yang diterapkan secara universal di semua objek. Bayangkan itu sebagai dalam sebuah bola yang memancarkan cahaya di segala penjuru. Dalam Muvizu bagian atas dan bawah setengah boladapat berubah secara terpisah.
Anda dapat mengatur cahaya ambient untuk mencerminkan adegan yang berbeda,misalnya, jika Anda sedang menciptakan sebuah adegan malam cahaya ambient bisa dari bulan dan akan menjadi cukup gelap. Jika itu adalah adegan hari kemudian cahaya ambient akan berasal dari matahari dan akan menjadi lebih ringan.
Pengaturan tingkat kecerahan lebih rendah memungkinkan Anda kontrol cahaya perjalanan ke atas (dari tanah ke langit). Dalam gambar di bawah ini rendah kecerahantelah ditetapkan pada 100%. Maksimum tingkat kecerahan telah berubah langit putih.


Untuk mengubah warna rendah klik dalam persegi panjang sebelah
Warna yang lebih rendah. Warna picker akan muncul, menggunakan pemetik ini untuk memilih suatu warna untuk cahaya ambient lebih rendah.



Seperti yang Anda pilih warna lingkungan akan berubah dengan sendirinya. Dekat pemetik warna ketika Anda
bahagia dengan pilihan Anda.



Pengaturan di bawah ini adalah kecerahan atas. Ini bekerja dengan cara yang samasebagai lebih rendah kecerahan kecuali mengontrol cahaya bersinar turun dari langit. Gambar di bawah menunjukkan kecerahan atas diatur ke 100%. Kecerahan maksimum ini telah berubah tanah putih dengan sebagian dari langit.


Warna atas pengaturan bekerja sama dengan pengaturan warna yang lebih rendah.Klik persegi sebelah atas warna akan menampilkan palet warna dan memungkinkanAnda untuk mengubah warna.



Warna dan kecerahan set akan menciptakan suasana pencahayaan default yang akan mempengaruhi semua objek dan karakter dalam adegan Muvizu. Dalam gambardi bawah ini, Anda dapat melihat bola putih sedang dipengaruhi oleh pencahayaanambient.


Bagian berikutnya dari jendela properties lingkungan adalah langit. Bagian ini memungkinkan Anda untuk mengubah pencahayaan dan tekstur langit. Nilai iluminasi langit memungkinkan Anda untuk mengontrol bagaimana langit bereaksi dengan lampu dalam adegan Muvizu. Bila diatur ke 100% langit akan selalu sepenuhnya diterangi dan menunjukkan warna atau gambar dalam pengaturan tekstur langit-lampu diMuvizu tidak akan berpengaruh pada langit. Bila diatur ke 0% langit memiliki pencahayaan tidak diri dan sepenuhnya akan bereaksi terhadap pencahayaan dalam adegan, termasuk cahaya ambient. Gambar di bawah menggambarkan suasana yang dibangkitkan untuk 100% iluminasi. Pengaturan maksimum penerangan ini telah berubah langit putih.


Pengaturan berikutnya adalah tekstur langit. Untuk mengedit tekstur Sky, klik persegi putih di sebelah teks. Tekstur jendela akan sekarang terbuka, seperti langit standar warna, itu akan terbuka pada tab warna.
Gambar di bawah menunjukkan tekstur langit ditetapkan sebagai warna biru yang solid.



Untuk memuat tekstur pra-membuat langit pilih pilih langit dari kategori tekstur pada tab. tekstur tekstur langit dan gambar akan dimuat ke langit.
Gambar di bawah menunjukkan tekstur hari mendung yang ditetapkan sebagai tekstur langit.


Seperti dengan semua tekstur, Anda dapat mengimpor tekstur Anda sendiri, gambar di bawah menunjukkan tekstur kustom yang dimuat ke langit.


Setelah dimuat, mengubah langit iluminasi kontrol akan mengubah tekstur berapabanyak dipengaruhi oleh adegan lampu.
Pengaturan tanah bekerja dengan cara yang sama sebagai pengaturan langit. Tanahiluminasi mengontrol bagaimana tanah bereaksi untuk pencahayaan. Gambar di bawah menggambarkan tanah iluminasi ditetapkan pada 100% - sepenuhnya diterangi. Tingkat ini ternyata tanah putih – sama seperti pengaturan tekstur tanah.



Mengklik pada persegi putih di sebelah kanan tekstur tanah akan membuka jendelapicker tekstur.
Gambar di bawah menunjukkan tekstur tanah ditetapkan sebagai padat hijau.



Untuk memuat tanah pra-membuat tekstur klik tab tekstur di jendela tekstur dan pilih kategori dasar. Pilih tekstur tanah Anda ingin. Tekstur ini akan diterapkan ke tanah adegan.



Seperti dengan semua tekstur, Anda dapat memuat tekstur yang kustom ke tanah.Gambar di bawah menunjukkan tekstur kustom yang dimuat ke tanah adegan.



Bagian bayangan di Muvizu memungkinkan Anda untuk mengontrol jenis bayangandan intensitas dan ketajaman bayangan.
Modus default adalah sederhana.
Gambar di bawah menunjukkan bayangan ambient silinder
dalam adegan. Bayangan ambient adalah bayangan abu-abu
di sekitar bagian bawah silinder.


Ambient bayangan intensitas properti mengontrol bagaimana adalah ambient bayangan gelap.
Gambar di bawah menunjukkan peningkatan ambient bayangan intensitas. Perhatikan bahwa bayangan ambient silinder telah menjadi gelap.



Modus realistis bayangan juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ketajaman bayangan


Ambient bayangan intensitas properti bekerja dalam cara yang sama seperti mode sederhana.


Pengaturan ketajaman bayangan meningkatkan resolusi bayang-bayang. Semakin tinggi nilai, tajam bayangan akan terlihat. Namun, mereka juga mengambil lebih banyak sumber daya sistem untuk menghasilkan. Pengaturan default adalah keseimbangan antara kinerja dan visual. Contoh di bawah menunjukkan perbedaan antara pengaturan default dan pengaturan tertinggi.

Sifat melangkah jelas bayang-bayang ini hanya benar-benar terlihat ketika melihatdalam kondisi tertentu.
Custom bayangan mode memungkinkan Anda untuk mengontrol intensitas individubayangan. Di Muvizu, secara default, bayang-bayang dari lampu akan dianggap sebagai bagian dari lingkungan umum pencahayaan. Dalam mode kustom, setiap cahaya memiliki properti yang akan memungkinkan cahaya untuk melemparkan bayangan individu. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mengontrol kegelapan bayangan.
Bagian kemacetan Ambient memungkinkan Anda untuk mengaktifkan ambient kemacetan atau menonaktifkan dengan mencentang atau un-mencentang kotak centang.
Ambient kemacetan adalah teknik shading, yang menghitung bagaimana terkena setiap titik dalam sebuah adegan adalah cahaya ambient. Misalnya di dalam tabung adalah lebih tersumbat (lebih gelap) dari bagian atas tabel. Dalam gambar di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa sementara efek cukup halus, pada gambar di sebelahkanan ada bayangan lebih di bawah lengkungan...

Ada empat pengaturan yang dapat digunakan untuk menyesuaikan ambient kemacetan. Nilai-nilai ini empat berinteraksi dalam cara rumit. Mengubah nilai apapun mungkin mengharuskan Anda untuk menyesuaikan yang lain untuk menjaga hal-hal yang tampak alami.


Bagian terakhir dari jendela properties lingkungan Shading. Mengklik drop down kotak pilihan memungkinkan Anda untuk memilih Toon shading fungsi.
Toon shading dirancang untuk membuat komputer 3D grafis tampak datar. Ini memberikan efek buku komik obyek dalam adegan.


Tab favorit pada jendela lingkungan memungkinkan Anda untuk menyelamatkan lingkungan yang telah Anda buat atau mengubah lingkungan untuk lingkungan yangsebelumnya telah disimpan atau pra-set.
Untuk memilih item hanya pilih dalam daftar.


Item dalam kurung adalah lingkungan yang ditetapkan.
Lingkungan (Original) adalah pengaturan Anda saat ini.
Gambar di bawah menunjukkan lingkungan yang sebelumnya disimpan
Hari yang cerah dengan awan.


Untuk menyelamatkan lingkungan yang telah Anda buat klik tombol Simpan di sudut kanan bawah jendela properti lingkungan.
Muvizu akan meminta Anda untuk nama lingkungan Anda. Sekali bernama klik Simpan.
Gambar di bawah menunjukkan menyelamatkan lingkungan adat yang dibuat dengan tekstur kustom.


Menggunakan lingkungan ini lagi, membuka jendela properties lingkungan. Klik tabfavorit dan klik pada lingkungan kustom Anda.


Getting started,
Editing the Environment,
Creating a Character,
Creating and editing objects,
Creating and editing backdrops,
Creating and editing effects,
Creating and editing lights,
Creating and editing words,
Creating and editing Cameras,
Directing Character movement,
Preparing and directing character actions,
Directing Eye and Head movement,
Preparing and directing Audio and Dialogue,
Preparing and directing Sound Effects,
Preparing and directing Effects and properties,
Preparing and directing camera cuts and camera movement,
Making a Video